Sharing Masalah Vario CW, Starter Tidak Normal 26 September 2014
Posted by adhyg13 in Umum.Tags: cvt matic, masalah motor matic, starter matic, tidak bisa starter matic, vario
trackback
Jegreg . . . . jegreggggg . . . . suara starter vario yang tak kunjung diikuti oleh suara greeeeng . . . . . membuat saya berpikir kalau aki si vario sudah mulai soak. Memang sepertinya si vario sudah menginjak tahun ketiganya, kebanyakan sih menginjak tiga tahun mulai pedekate dengan masalah-masalah umum matic.
Standar tengah diturunkan, engkol beberapa kali baru bisa menyala normal, tapi kok aneh ya . . . starter engkolnya tidak mau kembali ke posisi semula setelah digunakan. Saya yang awam soal mesin pun kembali berpikir apa cvt-nya mulai bermasalah ya?
Beberapa waktu kemudian dicoba lagi starter dengan elektik starternya, jegreeeeg . . . . greeeeeeng . . . . lah lancar lagi . . . kemudian kumat lagi . . . . intinya kadang elektrik starter berfungsi kadang tidak, bingung saya . . . .
Dari situ saya berpikir sepertinya akinya masih normal dan tak ada masalah dan dugaan semakin menguat pada cvt-nya yang error, mbuh error gimana lawong saya gak paham masalah permotoran,
Bagi motor matic untuk menghidupkan harus menggunakan engkol adalah hal yang benar-benar ,merepotkan, terlebih yang menggunakan adalah adik perempuan saya, rekasa lah pokoke ndelenge. Akhirnya saya bawa motor vario tersebut ke bengkel AHASS untuk diservis agar elektrik starter bisa berfungsi normal lagi.
Apa analisa yang saya dapat? “Mas, ini akinya sudah drop harus diganti yang baru supaya bisa normal lagi.” Walah kok bisa-bisanya analisa mekanik AHASS sama dengan analisa amatir saya yang sama sekali tidak ngerti mesin???? Mbok ya beda dikit lah, kok seneng temen main ganti-ganti saja? Hemmm, mungkin itu jawaban aman karena tak berhasil menemukan sumber masalah sebenarnya. Akhirnya si Vario hanya di servis ringan, masalah engkol yang tidak balik ke posisi semula sembuh tetapi masalah utama masih tetap belum terselesaikan. 😦
Kecewa sebenarnya saya datang ke tempat yang saya anggap paling tahu tentang seluk beluk si Vario tapi tidak berhasil mengatasi masalah starter vario . . . .
Berselang satu minggu si Vario masih terus pedekate dengan masalah sterter elektiknya dan tak kukjung terselesaikan, hingga akhirnya saya bawa si matic dual eyes ini ke bengkel rumahan tetangga saya. Bengkel yang menangani kelistikan si Semut waktu bertransformasi beberapa waktu lalu. Cek sebentar dengan entengnya Dia bilang, ini masalah starternya sama sensor tuas rem. Weh keren . . . . . kaya dukun saja langsung mudeng masalahnya
Tetangga saya yang juga seorang mekanik bengkel Suzuki ini menjelaskan bahwa masalah si matic ada pada sistem kelistikan CDI vario yang behubungan dengan sensor tuas rem, saat rem ditekan maka cdi akan berfungsi dan bila tuas rem tak ditekan tak akan berfungsi (CMIIW ya soale saya gak dong masalah ini), masalah ini bisa diatasi dengan sedikit memodifikasi atau menonaktifkan fungsi dari tuas rem. Sehingga nantinya CDI si vario akan berfungsi layaknya CDI motor butut saya si Semut, saat distarter tak perlu menekan tuas rem lagi sudah bisa hidup.
Oke daripada direpotkan masalah engkol-engkolan saya pun setuju tuas rem dinonaktifkan yang penting si Vario normal dahulu toh sepertinya tetangga saya ini cukup oke tentang masalah kelistrikan motor yang sering jadi momok mekanik-mekanik terbukti saat menangani si Semut hasilnya rapih tanpa potong kabel sana-sini, ngelothok kayane wis lah
Hasilnya, si Vario kembali normal meski harus mengalami sedikit kecacatan karena tuas rem tak perlu ditekan saat starter. Tidak masalah karena dengan posisi tuas rem ditekan starter tetap akan berfungsi, jikapun lupa tidak menekan tuas rem hentakannya tak akan membuat si Vario nyelonong terbang kok 😀 😀
Oh ya, walaupun sensor tuas rem tidak aktif tapi saklar stardar samping tetap berfungsi normal tanpa masalah 😀
Yap, itu sedikit sharing tentang masalah motor matic si dual eyes Vario lawas yang cukup membuat pusing, tapi okelah cukup sepadan dengan pengalaman yang didapat meski saya sampai saat ini terus berpikir apa iya hanya dengan cara menonaktifkan tuas rem masalah tersebut dapat diatasi? monggo yang lebih mudeng tentang masalah si Vario beritahu saya di kolom komentar.
saya sertakan diagram kelistrikan vario nih bro, mumet aku ndelenge 😀
Lur… MenonAktifkan sensor rem Vario 110 cw. Gimana caranya? Kali aja problemnya podo. Dan posisinya dimana lur? Motor cuma cekeskeskes doang, ga mau hidup mesin. Pokoke susah nyala. Klo di engkol, baru jreenggg… Padahal aku baru ganti aki.. terus ada yg di Gamper ga?
Om motor saya vario 125 kalau distater kaya aki drop kadang mau kadang nga kalau pas kena selanya distater langsung hidup gimana solusinya om saya bawa kebengkel resminya katanya akinya bermasalah padahal aki belum berumur tua.
assalamualaikuumm…mhon pncerahan dr ssepuh yg mmahami dlm bidang nya..
maf sblm ny sy mw tanya sputar vario baru110 th 2016..knapa spedometer sm klakson mati bersamaan?? sdngkn duse tidak putus,,dn knpa spedometer kok pake fuse, pdahal bukan digital?? mhon pencerahannya..terima kasih..
Om motor sya vario lawas…
Padahal aki baru_tuas rem sdh diputus_karbon brush dh dgnti_dinamo starter sdh dililit lg tp dlm waktu 1mggu double starter ny mati lg_Tlg bantuan ny om knp motor ini dh pusing sya_kata mekanik sya ad mslh pd minion benar tdk om…
Sukses……
Vario 110 lama.
Kronologi: strater elektrik cm ctek..ctek..ctek gk kuat ngangkat tp klakson bunyi OK. Pinjam kiprok… coba jln dlu spy ngisi aki. Coba lg dobol start…trnyta masih sama gk kuat ngangkat. Beli n ganti aki baru gressss dr distributor resmi biar yakin….penyakit masih tetep. Balik pk kiprok bawaan motor…masi sama jg. Beli kiprok baru gressss dr distributor resmi biar yakin lg…..pencet dobol start gt lg…. Bongkar motor starter ganti bostel…tetep gt. Cek side stand sw tetep jg.
Terakir……ealah…..trnyata fuse leleh dikit gk smp putus n socket longgar dikit bgt. Ganti fuse ori n skun socket rapetin pasang….
Kontak on pencet dobol teg jreng…….lega napas d tenggorokan….namun kpl masih cekot2 akibat aki n kiprok dr distributor resmi….
O iya…. Sebelum sukses sdh ganti switch starter jg. Bahkan dokter spesialis jantung memvonis CDI hrs GANTI…..atw alternatif 1, robah sistem elektrik starter jadi konvensional(direct) ky yg d sebut TS.
Mas apa ya penyebab nya klo motor honda vario tecno di starter gk bisa nyala sprti gk ada tnaga nya
Tpi klo di engkol cukup 1/2 kali udh bisa nyala
Mas mw nanya
motor nya vario tecno knp ya klo di starter gk bisa nyala kya gk ada tenaga nya .
Tpi klo di engkol cuman cukup 1/2 kali udh bisa nyala
Bntuan nya mas
Podo Variok 110CW saya pas di start kosong GAS crek crek crek greek dan g ngangkat. begitu ulang lgi tekan tombol + buka tuas gasnya sedikit langsung greeeenk.. apa mungkin permasalahannya di langsam yg terlalu kecil??
ijin nanya om ..
punyae saya vario 110fi baru 6bulan
kalo di stater kok cuman bunyi crek crek crek ..tapi kalo du paksa terus bisa nyala ..
saya stater engkol juga engga nyalaa ..
kenapa ya mas mase ?
om itu yg dirubah jalurnya mana ya supaya ga perlu pencet tuas rem bisa langsung distater?
Akhirnya masalah starter ngadat udah selesai…penyebabnya kiprok mati,..gejalanya strarter hanya bunyi cek…cek….cek…yg takunjung hidup,lampu indikator redup,tarikan motor ndut2an..
Mendiagnosa kiprok mati dengan cara hidupkan mesin lalu lepas salah satu kabel aki,bila masih hidup kiprok masih normal tapi jika di lepas mati berarti ada inikasi mati….semoga bermanfaat
Motor saya jika di starter cuma bunyi tek tek tek tek gitu mas kira kira apanya ya
Podoo broo vario ane juga gitu .. padahal aki normal … monggo solusinya
Ganti aja kull stater ya pasti bagus lg
kull stater ki opo mas?bentuke pie dan jenenge ilmiahe opo?
oke
Berarti lampu rem juga gk fungsi dong mas ??
Berarti, lampu rem belakang juga gk fungsi dong gan ???
Ya tetep fungsi mas.
fitflops sale singapore
Vario saya pas d starter tangan gk mau ngangkat Tά̲p̅í klu d engkol ♍ªǙ apa masalahnya yah
Akinya mungkin mas.
say sudah coba cabut tuas rem dan udah ganti akiy juga. tapi tetep gk bisa setater tangan. udah kaeap gabyak aki aki… hemm 😥 rugi uang 200 ribu motor tetap gak bisa hidup
cara me non aktipkan tuas rem nya gimana mas, motor vario saya sama seperti itu saya minta tolong mas
tolong balasan nya mas
Caranya saya kurang paham sebenarnya mas,soalny main sama kelistrikan n saya trm jadi.he. . .
Wah kok bisa orang AHASS gak begitu paham tentang kerusakan? Apa cuma politik bisnis biar cotumer bisa beli aki baru? Wah wah.
Tp lumayan dpt info bagus neh ttg motor matic.
Salam kenal…
Motor Nyong ya kaya kuwe masalahe, seprene ora dadi, jare tukang bengkel kuwe aki ne kudu d gnti. nyong dadi mumet.
mary jane pernah ngunu kui, jare bengkel rumahan mergo ono kabel sing konslet nang kunci kontak… yo akhire beres… nyong kapok nek nang ahass…
Sekring.e kendo mb0k lik
soal.e nyong tau ngadepi vario ky kue baut akine di kncengi truz sekringe dganti anyar
Nyong tau golet switch.e ra nemu2 anane sing kw :v
hajar bae
mbuh kue luh, tapi liane normal
Aku jg sama punya masalah stater elektrik vario sering mati ga kuat ngangkat..coba nanti tak coba cabut saklar tuas remnya….tanks bro”