Sharing Masalah Vario CW, Starter Tidak Normal

Jegreg . . . . jegreggggg . . . . suara starter vario yang tak kunjung diikuti oleh suara greeeeng  . . . . . membuat saya berpikir kalau aki si vario sudah mulai soak. Memang sepertinya si vario sudah menginjak tahun ketiganya, kebanyakan sih menginjak tiga tahun mulai pedekate dengan masalah-masalah umum matic.

Standar tengah diturunkan, engkol beberapa kali baru bisa menyala normal, tapi kok aneh ya . . . starter engkolnya tidak mau kembali ke posisi semula setelah digunakan. Saya yang awam soal mesin pun kembali berpikir apa cvt-nya mulai bermasalah ya?

AE944

Beberapa waktu kemudian dicoba lagi starter dengan elektik starternya, jegreeeeg . . . . greeeeeeng . . . . lah lancar lagi . . . kemudian kumat lagi . . . . intinya kadang elektrik starter berfungsi kadang tidak, bingung saya . . . .

Dari situ saya berpikir sepertinya akinya masih normal dan tak ada masalah dan dugaan semakin menguat pada cvt-nya yang error, mbuh error gimana lawong saya gak paham masalah permotoran, :mrgreen:

Bagi motor matic untuk menghidupkan harus menggunakan engkol adalah hal yang benar-benar ,merepotkan, terlebih yang menggunakan adalah adik perempuan saya, rekasa lah pokoke ndelenge. Akhirnya saya bawa motor vario tersebut ke bengkel AHASS untuk diservis agar elektrik starter bisa berfungsi normal lagi.

Apa analisa yang saya dapat? “Mas, ini akinya sudah drop harus diganti yang baru supaya bisa normal lagi.” Walah kok bisa-bisanya analisa mekanik AHASS sama dengan analisa amatir saya yang sama sekali tidak ngerti mesin???? Mbok ya beda dikit lah, kok seneng temen main ganti-ganti saja? :mrgreen: Hemmm, mungkin itu jawaban aman karena tak berhasil menemukan sumber masalah sebenarnya. Akhirnya si Vario hanya di servis ringan, masalah engkol yang tidak balik ke posisi semula sembuh tetapi masalah utama masih tetap belum terselesaikan. :(

Kecewa sebenarnya saya datang ke tempat yang saya anggap paling tahu tentang seluk beluk si Vario tapi tidak berhasil mengatasi masalah starter vario . . . .

Berselang satu minggu si Vario masih terus pedekate dengan masalah sterter elektiknya dan tak kukjung terselesaikan, hingga akhirnya saya bawa si matic dual eyes ini ke bengkel rumahan tetangga saya. Bengkel yang menangani kelistikan si Semut waktu bertransformasi beberapa waktu lalu. Cek sebentar dengan entengnya Dia bilang, ini masalah starternya sama sensor tuas rem. Weh keren . . . . . kaya dukun saja langsung mudeng masalahnya :mrgreen:

Tetangga saya yang juga seorang mekanik bengkel Suzuki ini menjelaskan bahwa masalah si matic ada pada sistem kelistikan CDI vario yang behubungan dengan sensor tuas rem, saat rem ditekan maka cdi akan berfungsi dan bila tuas rem tak ditekan tak akan berfungsi (CMIIW ya soale saya gak dong masalah ini), masalah ini bisa diatasi dengan sedikit memodifikasi atau menonaktifkan fungsi dari tuas rem. Sehingga nantinya CDI si vario akan berfungsi layaknya CDI motor butut saya si Semut, saat distarter tak perlu menekan tuas rem lagi sudah bisa hidup.

Oke daripada direpotkan masalah engkol-engkolan saya pun setuju tuas rem dinonaktifkan yang penting si Vario normal dahulu toh sepertinya tetangga saya ini cukup oke tentang masalah kelistrikan motor yang sering jadi momok mekanik-mekanik terbukti saat menangani si Semut hasilnya rapih tanpa potong kabel sana-sini, ngelothok kayane wis lah :mrgreen:

Hasilnya, si Vario kembali normal meski harus mengalami sedikit kecacatan karena tuas rem tak perlu ditekan saat starter. Tidak masalah karena dengan posisi tuas rem ditekan starter tetap akan berfungsi, jikapun lupa tidak menekan tuas rem hentakannya tak akan membuat si Vario nyelonong terbang kok :D :D

Oh ya, walaupun sensor tuas rem tidak aktif tapi saklar stardar samping tetap berfungsi normal tanpa masalah :D

AE957

Yap, itu sedikit sharing tentang masalah motor matic si dual eyes Vario lawas yang cukup membuat pusing, tapi okelah cukup sepadan  dengan pengalaman yang didapat :mrgreen: meski saya sampai saat ini terus berpikir apa iya hanya dengan cara menonaktifkan tuas rem masalah tersebut dapat diatasi? monggo yang lebih mudeng tentang masalah si Vario beritahu saya di kolom komentar. :mrgreen:

saya sertakan diagram kelistrikan vario nih bro, mumet aku ndelenge :D

vario-wiring-diagram

Resik-Resik Motor klewus. . . . .

Hoaammmm . . . . . Bicara tentang blog ini isinya tak ubahnya seperti sebuah buku diary saya yang isinya hanya berkutat tentang itu-itu saja. Kali ini saya juga akan menulis tentang tema yang itu-itu saja yaitu si Mbison Kebo saya ( Yamaha Byson saya ) yang kali ini saya “telanjangi”.

Saya “telanjangi” si mbison cuma ingin melihat kemolekan tangki aslinya yang selama ini tertutup oleh plastik kondom dan tak pernah saya jamah dengan tangan saya . . . . iki apa bahasane kok ra genah  . . . skip-skip . . . :D

Kebetulan jiwa bersih-bersih saya sedang timbul maka dengan hati riang saya mencari kunci L ( mbuh ukuran pira, kelalen ) , obeng plus serta kanebo untuk membersihkan debu-debu yang menempel di tangki asli Mbison yang selama ini tertutup kondom plastik yang mulai mengkusam.

Berbekal kemampuan masa kecil saya, mbongkar-mbongkar mainan tapi tak bisa saya pasang lagi saya nekad saja membuka baut-baut bodi samping si kebo dan memutar-mutar baut di tangki si Mbison. Ternyata membuka bodi samping dan kondom tangki si Mbison itu kecil, masalah memasang lagi itu urusan lain yang penting sudah sedia nomor hp tetangga saya yang kebetulan mekanik motor :mrgreen:

Klewus ( kata bahasa jawa yang susah diartikan ke bahasa Indonesia, silahkan liat gambar saja ) . . . . poolll !!!

maklum saja bagian ini tertutup terus-terusan dan tak bisa dibersihkan kalau tidak membuka kondom tangkinya lebih dahulu.

IMG_2689IMG_2690IMG_2692

tangki klewus 

Kanebo semi basah saya usapkan ke permukaan tangki Mbison yang klewus dan ternyata memang butuh sedikit usaha agar debu-debu yang menempel bisa diangkat dan bersih. Saya harus mengelap berkali-kali dengan kanebo dan kain kering agar debu yang menempel bisa terangkat dan bersih. Meski tidak kinclong tapi paling tidak bisa lebih bersih dari debu yang mungkin saja bisa menimbulkan karat di tangki asli Mbison dan membuat tangki bocor

“wis nganggo kondom masa tesih bocorrr . . . .????”  #plak!!

Bersih-bersih pun dilanjut dengan mengecek kondisi filter udara . . . dua tahun belum diganti bentuknya kaya apa ya? :mrgreen: dengan obeng plus buka 5 baut di box fiter dan ternyata kondisinya lumayan . . . . ajur . . . . :D

“Niat ganti filter udara menggebu tapi sabar ya Son tunggu 20.000 sekalian maklum aku kie kelanenan je  . . . . “

Sayapun hanya membersihkan box filternya dahulu, dan kemudian saya pasang lagi ( sebenere ya bersih-bersihe sue tapi intine pada bae bersih bersih dadi ya skip ae lah :mrgreen: )

IMG_2702IMG_2706IMG_2728

filter udara

Waktunya pasang lagi body si Mbison, meski bersusah payah #lebaykie tapi akhirnya berhasil dan dilanjutkan dengan memberi oli di bagian shock belakangnya. Saya rasa as shock belakang walau terus bekerja bisa saja seret karena karat atau kotoran seperti halnya footstep belakang yang kadang susah dibuka walau sering digunakan. Karena itu saya lumasi as shock belakang si Mbison dengan oli sisa yang belum terpakai.

IMG_2735IMG_2736IMG_2741IMG_2745Resik

Proses pelumasan as shock belakang

Ternyata setelah kelar membersihkan si Mbison jiwa bersih-bersih saya masih ada, maka si mbah L2 Super yang selanjutnya jadi korban  . . . . :D

IMG_2757

keton kaya anyar ya . . . . efek kamera kelihatan masih kinclong, asline pada bae klewus . . . .

Seorang Pria Hentiakan Konser Endank Soekamti . . . . Kocak . . . .

Konser Endank Soekamti yang berlangsung pada 6 September 2014 di alun -alun Jogja  sempat dihentikan oleh seorang oknum yang tiba-tiba naik ke atas panggung sambil menunjukan jam tangannya . . . . setelah terhenti beberapa saat ternyata oknum tersebut memberitahukan bahwa waktu masih panjang,wkwkwkwk . . . . Kocak-kocak . . . . !!!

Aksi parodi kocak tersebut merupakan suatu kritik yang dilakukan secara elegan sebagai respon pada kejadian yang dialami oleh SO7 beberapa pekan sebelumnya di tempat yang sama. Beberapa waktu sebelumnya konser SO7 tiba-tiba dihentikan oleh salah satu “oknum” polisi dengan cara naik ke panggung sambil menunjukan jam tangannya karena waktunya sudah hampir habis.

Keren-keren . . . . “ulah” merekanpun berhasil membuat polisi-polisi di tempat konser tersenyum kecut, terlebih saat Erix si vokalis Endank Soekamti menanyakan si oknum yang menghentikan konser mereka hendak kemana dan sang oknum menjawab hendak ke Sarkem,wkwkwkwk . . . . ya makin kecut saja senyumnya  . . . . :mrgreen: mau cari bajakan kali ya? :mrgreen:

Parodi kocak khas Endank Soekamti yang juga sebagai bentuk rasa simpati merekan ke SO7 dilakukan dengan elagan . . .

karena mengkritik tak harus dengan kekerasan dan anarkis tapi bisa dilakukan dengan kreatif dan kocak . . . :D

monggo disimak saja videonya . . .

 

Sebuah Catatan Sederhana

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 963 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: